BIMTEK IKM

KKM MAN 2 PASURUAN GELAR BIMTEK IKM

Perkembangan proses belajar mengajar di lembaga pendidikan madrasah Kementerian Agama Republik Indonesia terus istiqomah melakukan perubahan dan inovasi pembelajaran seiring dengan telah diundangkannya Kurikulum Merdeka. Menyikapi regulasi yang dianggap baru oleh dunia pendidikan ini, Kurikulum Merdeka bagi madrasah sudah berjalan sejak madrasah dan pondok pesantren hadir sebelum Indonesia merdeka. Semangat dan prinsip-prinsip merdeka belajar menjadi inspirasi yang tak pernah lekang oleh zaman. Untuk lebih menata kesiapan madrasah mengembangkan prinsip tersebut, Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MAN 2 Pasuruan menggelar bimbingan teknis (bimtek) Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) selama 2 hati yakni Rabu dan Kamis 12 – 13 Juli 2023 di Kebon Pring Kota 🏦Pasuruan dikuti oleh kepala dan waka akademik 38 madrasah aliyah. IKM ini sesungguhnya sudah dilaksanakan mulai tahun 2022/2023 dan diharapkan tahun pelajaran 2024-2025 semua  madrasah di bawah  kemenag kab. Pasuruan dapat melaksanakan IKM baik yang belum atau dapat SK Dirjen pendis.

Saat pembukaan Bimtek lKM di hadiri oleh Plh.  Kepala kantor kemenag Kabupaten Pasuruan.  H. Fausi, S.E. M.HI, beliau berpesan agar semua madrasah di bawah naungan kemenag menyambut baik, bisa melaksanakan implementasi kurikulum merdeka ini sebagai bentuk tanggung jawab mewujudkan madrasah yang sesuai zamannya yakni era 5.0″ katanya.

Sementara itu Dr. H. Irham Zuhdi, S. Pd., M. Pd  ketua KKM MA MAN 2 sekaligus Ketua KKM MA Kabupaten Pasuruan, mengatakan “bimtek IKM bagian dari ikhtiyar kita untuk memberikan pelayanan prima kepada siswa sehingga madrasah siap-siap berubah sebagai konsekuensi madrasah menjadi pilihan masyarakat, semoga bimtek IKM ini menjadi inspirasi pegiat madrasah menyongsong tahun pelajaran 2023-2024”.

Saat di tanya media ini apakah madrasah di bawah naungan kemenag ini tidak terlambat melaksanakan Program IKM ?. Irham membantahnya, tidak ada kata terlambat, katanya. Dia menjelaskan bahwa Madrasah sudah melakukan kurikulum merdeka ini sejak lama sebelum Indonesia merdeka.

Dalam kegiatan bimtek Pokjawas ini dihadiri oleh para narasumber yaitu Bapak Mohammad Fatoni, Nur El Huda, Emi Iswati, dan Nurhayati.  

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *