Profil

SEJARAH MAN 2 PASURUAN

Madrasah Aliyah Negeri Kraton berdiri berdasarkan SK Menteri Agama nomor 151 tahun 2009 tertanggal 13 Oktober 2009. MAN Kraton adalah penegerian dari Madrasah Aliyah Al-Yasini yang telah berdiri sejak tahun 1997 dan sudah terakreditasi “Disamakan” serta menjadi induk KKM. Penegerian tersebut merupakan salah satu upaya memenuhi kebutuhan masyarakat, terutama terhadap pendidikan negeri yang berbasis pesantren. Penegerian tersebut didukung penuh oleh Majelis Pengasuh Pondok Pesantren Terpadu AlYasini Pasuruan, KH. A. Mujib Imron, SH, M.H mewakili keluarga untuk menghibahkan tanah seluas 6.130 m2 kepada Kementerian Agama Republik Indonesia sehingga pembangun Gedung dan RKB bisa dilakukan melalui DIPA Pusat hingga saat ini. Melalui pendidikan yang terintegrasi dengan Pondok Pesantren Terpadu Al-Yasini, dengan menerapkan model pembelajaran yang memadukan antara kurikulum madrasah dengan pesantren, MAN Kraton diharapkan mampu mencetak insan yang berprestasi, kompetitif dan berjiwa Islami. MAN Kraton Kabupaten Pasuruan diresmikan oleh Menteri Agama, Drs. H. Suryadharma Ali, M. Si, pada hari Sabtu, 23 Januari 2010 di Pondok Pesantren Terpadu Al-Yasini Pasuruan.

MAN Kraton Kab. Pasuruan sesuai Keputusan Menteri Agama RI Nomor 673 Tahun 2016 –tentang Perubahan Nama Madrasah Aliyah Negeri, Madrasah Tsanawiyah Negeri, dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri Di Provinsi Jawa Timur–, berubah menjadi MAN 2 Pasuruan merupakan Madrasah Aliyah satu-satunya di dalam komunitas pondok pesantren yang berstatus Negeri dengan Akreditasi A (Amat baik/ Unggul) di Kabupaten Pasuruan juga terus mengembangkan dirinya dalam bentuk Model Madrasah Terpadu dan bernilai budaya dan karakter santri pondok pesantren. Madrasah Aliyah Negeri 2 Pasuruan berada di dalam lingkungan/ komplek Pondok Pesantren Terpadu Al-Yasini Areng-areng Sambisirah Wonorejo Kab. Pasuruan. Seluruh siswanya wajib menetap di Pondok Pesantren Terpadu AlYasini dengan mengikuti kegiatan pendidikan Diniyyah dan kegiatan pondok lainnya.

Madrasah Aliyah Negeri 2 Pasuruan (MAN 2 PASURUAN) tidak bisa dipisahkan dari sejarah Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Al – Yasini yang merupakan salah satu Madrasah yang ada didalam Pondok Pesantren Al – Yasini dimana semua siswa – siswinya berada dalam Pondok Pesantren. Dan sampai saat ini lembaga yang telah berubah menjadi Madrasah Aliyah Negeri 2 Pasuruan semua siswanya berada dalam Pondok Pesantren. Madrasah Aliyah Negeri 2 Pasuruan adalah lembaga pendidikan umum ditingkat menengah, yang diselenggarakan oleh Departemen Agama (Kementerian Agama) yang mempunyai ciri khas dibidang pemahaman agama Islam, memiliki potensi sangat besar untuk menjadi salah satu keunggulan akademik dan nonakademik. Hal itu sesuai dengan visi yang diembanya yakni terwujudnya insan “ Religius, Cerdas, Berakhlaqul karimah dan Kompetitif dan berbudaya Lingkungan.”

Madrasah Aliyah Negeri 2 Pasuruan memiliki geografis yang strategis yaitu berada Didalam lingkungnan Kompleks Pondok Pesantren Terpadu Al – Yasini dimana terdapat banyak lembaga pendidikan, Yaitu : SD Islam Al – Yasini, MTs. Al Yasini, SMP Al Yasini, SMPN 2 2 Pasuruan, SMA Excelen Al Yasini, SMKN Wonorejo, Perguruan Tinggi Al Yasini. Hal ini berakibat terjadinya kompetisi antar lembaga dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pemenuhan sarana pembelajaran. Seiring dengan peningkatan prestasi di bidang akademik maupun non akademik yang diraih oleh siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Pasuruan, maka dari tahun ke tahun banyak orang tua siswa yang berminat ingin menyekolahkan putra-putrinya ke Madrasah Aliyah Negeri 2 Pasuruan, ini dapat dilihat pada waktu pendaftaran Siswa Baru dimana tiap Tahunnya selalu Over Load Pendaftar, karena keberadaan Ruang kelas dengan jumlah pendaftar tidak sebanding, Ditinjau dari kelembagaan Madrasah Aliyah Negeri 2 Pasuruan mempunyai tenaga akademik yang handal dalam pemikiran, memiliki manajemen yang kokoh yang mampu menggerakkan seluruh potensi untuk mengembangkan kreativitas civitas akademika, serta memiliki kemampuan antisipatif masa depan dan proaktif. Selain itu Madrasah Aliyah Negeri 2 Pasuruan memiliki pemimpin yang mampu mengakomodasikan seluruh potensi yang dimiliki menjadi kekuatan penggerak lembaga secara menyeluruh. Semenjak resmi beralih fungsi sebutan Madrasah Aliyah Negeri 2 Pasuruan, madrasah ini telah mengalami 4 masa kepemimpinan, yaitu :

  1. Ali Masyahar, M.Pd : Menjabat Tahun 2010 s.d. 2015
  2. Drs. Muchamad Mustofa : Menjabat Tahun 2015 s.d. 2016
  3. Moh. Irham Zuhdi, S.Pd : Menjabat Tahun 2016 s.d. Pebruari 2017
  4. Firmansyah, S.Pd, M.Pd : Menjabat Maret 2017 s.d.sekarang

Di bawah kepemimpinan keempat orang di atas, Madrasah Aliyah Negeri 2 Pasuruan menunjukkan peningkatan kualitasnya. Dan kita berharap dengan semakin bertambah usia, semakin mampu memberikan sumbangan yang terbaik bagi kemajuan Iptek yang didasari oleh kemantapan Imtaq. Namun demikian, kami menyadari bahwa tantangan dan tanggung jawab kami dalam dunia pendidikan kedepan tidak mudah sehingga kami harus senantiasa merapatkan barisan guna mempersiapkan diri menjadi bagian dari learning community yang diperhitungkan dalam mengantarkan civitas akademika Madrasah Aliyah Negeri 2 Pasuruan khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk menjadi semakin baik, berkualitas, dan memiliki keunggulan kompetitif dalam bidangnya