Hari Guru Nasional 2023

PENUH KHIDMAT DAN KEBAHAGIAAN, MAN 2 Al-YASINI PASURUAN GELAR UPACARA HARI GURU NASIONAL 2023

Pasuruan_ MAN 2 Al-Yasini Pasuruan menggelar Upacara bendera memperingati Hari Guru Nasioanal Tahun 2023 dengan tema “Guru Pembelajar, Bahagia Mengajar, pada hari Sabtu (25/11/23) dilapangan olahraga Madrasah baik di Putri maupun di Putra. Bertindak sebagai inspektur upacara untuk siswa putra yaitu Bapak Jainudin. Dan inpektur upacara untuk siswi putri yaitu Bapak Irham. Upacara kali ini terasa sangat istimewa dengan diisi acara pemebrian cinderamata kepada para guru oleh para siswa dan siswi

Diawali dengan melaksanakan upacara bendera yang diikuti oleh seluruh guru, tenaga kependidikan, dan siswa MAN 2 Al-Yasini Pasuruan dengan penuh khidmat di lapangan upacara. Para guru dan tenaga kependidikan ditunjuk sebagai petugas upacara dengan mengenakan pakaian adat. Sedangkan para siswa sebagai peserta upacara.

Kepala MAN 2 Al-Yasini Pasuruan, Dr. H. Moh. Irham Zuhdi, S.Pd., M.Pd  dan Waka Humas, H. Jainudin S.Pd membacakan kutipan amanat Menteri Agama Republik Indonesia di Lokasi berbeda.

Dalam kutipan amanat yang dibacakannya tersebut, ia mengatakan, “Hanya orang-orang terbaiklah yang terpilih menjadi guru. Baru memilih profesi lainnya. Guru adalah profesi yang sangat agung dan bermartabat. Apresiasi tertinggi patut disematkan kepada guru-guru lndonesia. Gurulah suluh bangsa yang menjadi penerang dan sosok yang mencerahkan setiap generasi, mengantarkan kebangkitan dan kemajuan bangsa,”

Menurut Irham dan Jainudin, dari kutipan amanat yang dibacakannya tadi saat pelaksanaan upacara bendera merah putih, ada pesan mendalam yang ingin disampaikan oleh Menteri Agama Republik Indonesia untuk para guru di seluruh Indonesia.

“Menteri Agama Republik Indonesia menyampaikan pesan yang mendalam untuk para guru di seluruh Indonesia, yaitu bahwa para guru harus bangga dengan profesinya tersebut karena guru merupakan profesi yang agung dan bermartabat. Guru adalah orang-orang pilihan yang bisa mengantarkan kebangkitan dan kemajuan bangsa,” Ujar Jainudin

“Sesuai dengan temanya, guru harus menjadi pembelajar sepanjang hayat, dan bahagia dalam mengajar. Karena itu para guru harus terus berupaya untuk meningkatan kompetensinya melalui program digital literacy, digitalisasi madrasah, dan bantuan pembelajaran digital, karena para guru berperan penting dalam ikut membentuk para peserta didik menjadi pribadi hebat dan berkarakter di era transformasi digital untuk menyongsong lndonesia Emas 2045, sehingga diharapkan para peserta didik tidak hanya memiliki pengetahuan yang luas saja, tetapi juga kepribadian yang kuat, kreativitas yang berkembang, dan moralitas yang terpuji,” Ujar Irham

“Semoga para guru MAN 2 Al-Yasini Pasuruan juga selalu berusaha menjadi guru pembelajar sepanjang hayat mengikuti perkembangan zaman. Yang tidak kalah penting, semoga para guru kita selalu menampakkan rasa bahagia dalam mengajar dan penuh semangat, agar cita-cita bangsa untuk menyongsong lndonesia Emas 2045 dapat tercapai,” Ujar Irham penuh harap.

“Mari kita berusaha menunaikan amanah yang ada di pundak kita dengan penuh tanggung jawab. Tunaikan segala kewajiban kita sebagai guru dengan baik, penuhi hak-hak para siswa di madrasah. Jadilah guru yang bisa menjadi contoh tauladan bagi para siswa kita, karena guru adalah sosok yang digugu dan ditiru,” pungkasnya.

Selepas upacara bendera merah putih, para siswa memberikan ucapan selamat kepada para guru dengan saling bersalaman. Kemudian mereka memberikan ucapan secara khusus kepada para wali kelasnya masing-masing. Semuanya tampak penuh dengan keceriaan dan mengabadikan momen tersebut. (BAL)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *