PERAN PEMUDA DI ERA GLOBALISASI

By : Ryah_Red | Eagle ed.XXIV

Pemuda adalah generasi penerus bangsa. Ditangan pemudalah harapan dan cita-cita bangsa itu ada. Karena pemuda yang menjadi wadah pertama atau sasaran pertama korban globalisasi dunia. Perkembangan globalisasi telah berkembang pesat dan telah memasuki setiap negara-negara di dunia. Salah satunya adalah Indonesia. Negara manapun akan mengalami perkembangan globalisasi. Suatu negara yang tidak mau menerima budaya atau perkembagan globalisasi maka suatu negara tersebut dapat dikatakan sebagai suatu negara yang gaptek. Yang buta akan perkembangan teknologi dan lain sebagainya.
Globalisasi sendiri dapat diartikan sebagai masuknya budaya-budaya baru dari luar negeri ke dalam negeri. Globalisasi sendiri memiliki dampak negatif dan positif. Dampak positif dari globalisasi salah satunya adalah kita bisa mendapatkan informasi yang luas baik informasi yang berkaitan dengan pendidikan maupun perkembangan yang telah terjadi di dunia. Dampak negatif globalisasi sangatlah banyak. Salah satunya adalah pergaulan bebas. Pergaulan bebas sudah berkembang pesat di negara kita. Pergaulan bebas juga salah satu dari dampak negatif adanya globalisasi.Bentuk dari pergaulan bebas sangatlah banyak. Salah
satunya adalah narkoba dan seks bebas

Sehingga banyak muncul kasus-kasus pemuda yang terserang penyakit AIDS/HIV dise
babkan oleh pemuda yang terlalu banyak mengkonsumsi narkoba atau pemuda yang sering melakukan hubungan seks diluar nikah dengan bergonta-ganti pasangan.


Pada titik ini, hakikat kerja pemuda sebagai generasi penerus bangsa telah
diabaikan begitu saja. Sehingga peran pemuda dalam hal ini sangatlah penting. Peran pemuda di era globalisasi adalah sebagai wadah untuk menolak dan mengantisipasi terjadinya budaya negatif globalisasi yang terjadi di dunia. Dengan cara sebagai berikut:

  1. Mempertebal iman dan taqwa
  2. Menyaring dampak-dampak negatif dari globalisasi dengan baik
  3. Memperkuat IPTEK
  4. Menjauhi dunia malam (narkoba dan free seks) dsb.

Sehingga kita sebagai pemuda yang cerdas, kita harus bisa menjauhi budaya negatif dari perkembangan globalisasi dan mampu menyaring budaya globalisasi dengan baik. Dan kita juga dapat menjalankan peran kita sebagai pemuda sebagai generasi penerus bangsa dengan baik dan sesuai hakikat kerja kita.
JADILAH PEMUDA INDONESIA YANG CERDAS DENGAN MENJAUHI
NARKOBA DAN FREE SEKS….!!!!!!

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *