OL ke Perguruan Tinggi

SEMANGAT MELANJUTKAN KARIR, SISWA MAN 2 PASURUAN ADAKAN OL KE PERGURUAN TINGGI

Proses penerimaan mahasiswa perguruan tinggi jalur mandiri SNMPTN memang masih cukup waktu, namun siswa MAN 2 Pasuruan mempercepat lahirnya motivasi untuk kuliah dilakukan dengan OL (Orientasi Lapangan) dengan berkunjung ke beberapa perguruan tinggi negeri di Malang yakni Universitas Brawijaya (UB), Universitas Negeri Malang (UM) dan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) selama dua hari yakni 1 s/d 2 Maret 2018. Kegiatan OL ini telah direncanakan sejak penyusunan RKM 2017/2018 menggunakan dana komite. Peserta OL adalah siswa kelas XI dan XII agar muncul motivasi sejak awal tentang perkuliahan di PTN. Tentu saja kegiatan OL ini mendapat sambutan luar biasa dari siswa dan para orang tua. 


Rombongan kelas putra saat di kampus Universitas Brawijaya

Memang untuk mengetahui program penerimaan mahasiswa baru di PTN bisa dengan membuka website masing-masing kampus, tetapi itu tidak cukup. Oleh karenanya hadir di sebuah PTN itu lebih mengenal lebih dekat dan bisa mempengaruhi motivasi siswa yang kadang sudah tak terbendung lagi untuk segera kuliah di kampus pilihan mereka. Menurut Firmansyah kepala madrasah kegiatan ini sangat penting untuk menggugah semangat belajar siswa agar berhasil dan masuk di perguruan tinggi favorit. Oleh karenanya ia rela selama dua hari ikut serta dalam rombongan OL. Sementara itu Moh Irham Zuhdi waka madrasah, koordinator yang membidangi mengatakan bahwa kesempatan emas tidak datang dua kali maka ia meminta kepada siswa untuk mempersiapkan diri. 


Rombongan kelas putri saat berada di UIN Maliki

Bekal yang sudah ada sekarang baik kemampuan akademik dan juga non akademik misal hafal Al Qur’an dapat menjadi modal untuk berkompetisi merebutkan kursi di bangku perguruan tinggi negeri. Sementara itu para kasubag Humas di UB, UM dan UIN di tempat terpisah menyambut hangat kedatangan siswa MAN dan menjamunya dengan informasi penting perguruan tinggi masing-masing.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *