Forum Group Discussion (FGD)

FGD PENYUSUNAN SOP MADRASAH

Hari ini Sabtu, 26/5 dan besok 27/5/18 para guru MAN 2 Pasuruan melaksanakan forum group discussion (FGD) menyusun standart operational prosedur (SOP) madrasah yang dikoordinasi oleh masing-masing wakil kepala. Ada 109 SOP yang sedang dikebut para guru sesuai pembagian materi masing-masing. FGD dibagi 5 kelompok dan satu Waka sebagai koordinator. Menurut Firmansyah kepala MAN, bahwa SOP ini sangat penting sebagai acuan dan standar melaksanakan kegiatan mulai urusan kesiswaan misal SOP Sidang kenaikan kelas hingga SIAP komite. Setiap kegiatan harus ada SOP agar tidak terjadi mis dan tidak mengalami kebuntuan karena sudah ada panduan masing-masing, katanya.


Pengarahan Kepala Madrasah sebelum penyusunan SOP

Diharapkan 109 item kegiatan yang di SOP kan bisa selesai dalam dua hari, tetapi jika harus menambah waktu maka hal itu tak menjadi kendala, imbuhnya.
SOP merupakan paramater dari sebuah pelayanan yang terukur sehingga endingnya adalah percepatan peningkatan mutu dan pelayanan, kata Irham salah seorang Waka ketika sedang mendampingi  tim  yang  sedang menyusun  SOP komite dan SOP islamic boarding school. ( Irham)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *