Asesmen Nasional Berbasis Komputer 2022

RESMI DISELENGGARAKAN, ANBK HARI PERTAMA DI MONEV OLEH TIM KEMENAG PROVINSI

Monev oleh TIM Kemenag Provinsi Jawa Timur

Pasuruan==Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tahun 2022 tingkat Madrasah Aliyah pada hari ini Senin, (29/8) secara resmi digelar yang bertempat di Lab Komputer MAN 2 Pasuruan.

Kepala Seksi Kurikulum dan Kesiswaan Kemenag Provinsi Jatim Dr. Sugiyo, M.Pd.I di dampingi Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Kab. Pasuruan H. Bustanul Arifin, S.Pd., M.Pd dan Pengawas Madrasah Kemenag Kab. Pasuruan Drs. M. Fatoni, M.Pd saat melakukan Monitoring Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) jenjang Madrasah Aliyah di dampingi Kepala MAN 2 Pasuruan.

Perwakilan dari Kemenag mengunjungi MAN 2 Pasuruan untuk memantau langsung hari pertama pelaksanaan ANBK. Dalam Kunjungan itu pihaknya ingin memastikan bahwa pelaksanaan ANBK di masing-masing Madrasah berjalan lancar sesuai prosedur, serta tidak ada kendala dari aspek sarana dan prasarana.

Tim monitoring berharap pelaksanaan ANBK tingkat Madrasah berjalan lancar, tidak ada kendala, semua siswa dapat mengikuti ujian dengan prestasi yang baik agar dapat membuktikan bahwa Madrasah sesuai dengan jargonnya, yaitu hebat dan bermartabat.

Dr. H. Moh. Irham Zuhdi, S.Pd, M.Pd selaku kepala MAN 2 Pasuruan menyampaikan bahwa pada pelaksanaan ANBK tahun ini dilaksanakan selama 2 hari mulai tanggal 29 sampai dengan 30 Agustus 2022. ANBK adalah pengganti dari UNBK yang pesertanya sebanyak 45 peserta didik dan 5 peserta didik sebagai cadangan, semua pesertanya terdiri dari kelas XI yang ditentukan secara acak oleh Kemenag melalui data Education Management Information System (EMIS) yang di kelolah oleh kementrian agama.

Untuk diketahui, ANBK merupakan program nasional yang bertujuan untuk memetakan madrasah. Selain itu ANBK ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Materi yang diujikan tidak berbasis mapel seperti UNBK, tetapi yang diujikan terkait pemahaman dan penguasaan literasi, numerasi, survey belajar dab lingkungan belajar. Dengan demikian, ANBK akan memacu madrasah untuk meningkatkan mutu pendidikan yang kesemuanya dirancang melalui perbaikan kualitas belajar mengajar. (BAL)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *