Sosialisai Oleh DLH Kab. Pasuruan

SOSIALISASI PENGELOLAAN SAMPAH DAN PEMANFAATAN ABU SEKAM

Pasuruan_MAN 2 Pasuruan kedatangan Tamu dari Dinas Lingkungan Hidup Kab. Pasuruan (DLH) terkait sosialisasi pengelolaan sampah dan pemanfaata abu sekam pada Selasa, 16/7/2024. Kegiatan tersebut berlangsung pukul 10.00-selesai di Gedung Inspiratif MAN 2 Pasuruan.

Sosialisasi tersebut diikuti oleh Sekolah dan Madrasah yang mau Maju Adiwiyata Tingkat Nasional dan Adiwiyata Madiri serta beberapa orang guru MAN 2 Pasuruan, SD Islam Al Yasini, SMPU Alyasini (sejumlah 20 Lembaga Pendidikan).

Sambutan kepala Madrasah, Dr. H. Moh. Irham Zuhdi, S.Pd, M.Pd ucapan terimakasih sudah dipercaya sebagai tempat pelaksanaan Sosialisasi oleh DLH, lanjut sambutan Kasi Pendma H. Bustanul Arifin, S.Pd, M.Pd sekaligus membuka acara, beliau mengatakan kegiatan Adiwiyata sangat didukung dan selalu dikawal oleh DLH. Kemudian sambutan Ketua HPAI Kabupaten Pasuruan Sri Handayati, M.Pd, menyampaikan bahwa acara ini sangat menfaat bagi sekolah-sekolah dan madrasah.

Selanjutnya pemaparan materi pemilahan sampah oleh Riska Wulandari dari DLH, pemilahan sampah dimulai dari rumah dan mengajari siswa untuk memilah sampah, sampah bisa dipilah menjadi sampah organik dan sampah anorganik, dan masing-masing dikelola yang akan menjadi barang yang bisa menghasilkan uang. Peserta sangat antusias mengikuti penjelasan dari Mbak Riska.

Pemanfaatan abu sekam disampaikan oleh Ardi Pratama Oktavianto dari BECIS Perusahaan untuk penyedia Energi Ramah Lingkungan. Beliau menjelaskan bagaimana membuat kompos dan media tanaman yang memnfatkan abu sekam, KoHe (Kotoran Hewan) kering, daun-daun kering maupun dedaunan hijau. Setelah penjelasan secara teori dilanjutkan praktik membuat kompos.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *