ASSESMEN BAKAT MINAT (ABM) 2023

Perdana, MAN 2 Al-Yasini Pasuruan Gelar ABM 2023

Pasuruan – Siswa-siswa kelas XII di MAN 2 Al-Yasini Pasuruan mengikuti Asesmen Bakat Minat (ABM) Tahun 2023 yang diselenggarakan di Laboratorium Komputer pada Senin-Kamis, 13-16 November 2023. Asesmen Bakat Minat (ABM) adalah sebuah evaluasi yang bertujuan untuk membantu siswa mengidentifikasi bakat, minat, dan potensi mereka dalam berbagai bidang. Ini merupakan langkah penting dalam membantu siswa memilih jalur pendidikan yang sesuai dengan tujuan karier mereka.

Pelaksanaan ABM ini dilakukan dalam tiga sesi berbeda untuk memastikan partisipasi yang nyaman bagi semua siswa. Setiap sesi diikuti maksimal oleh 30 peserta yang diberikan kesempatan untuk menjawab berbagai jenis pertanyaan untuk mengungkapkan minat dan bakat mereka.

Pada hari ini Selasa 14/11/2023 Kasi Pendma Kementerian Agama Kab. Pasuruan, H. Bustanul Arifin, M.Pd meninjau kegiatan ABM dengan di dampingi oleh Kepala MAN 2 Al-Yasini Pasuruan, Dr. H. Moh. Irham Zuhdi, S,Pd., M.Pd

Bapak Irham Zuhdi mengatakan, “Asesmen Bakat Minat (ABM) adalah langkah yang sangat penting dalam membantu siswa kita memahami potensi mereka dan merencanakan masa depan mereka. Baik untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi atau memasuki dunia kerja. Hasil dari Asesmen Bakat Minat akan menjadi valid dan bermanfaat jika setiap peserta menjalankannya dengan jujur dan bersungguh-sungguh, karena hasil tersebut akan memberikan gambaran yang akurat tentang potensi setiap peserta.”

“Pelaksanaan ABM di MAN 2 Al-Yasini Pasuruan sendiri merupakan asesmen perdana. Dan ini adalah upaya pemerintah secara sistematis dan terstruktur agar dapat membuat program-program yang bisa menunjang potensi siswa,” jelas Irham.

Selanjutnya, Proktor MAN 2 Al-Yasini Pasuruan, Arif Nurdiansyah, S.Pd mengatakan, ABM perdana tahun ini berjalan lancar dan tertib meskipun ada beberapa masalah teknis ketika pelaksanaan ABM.

“Pelaksanaan ABM tahun ini di MAN 2 Al-Yasini Pasuruan terbilang perdana. Karena perdana maka dalam pelaksanaannya, masalah yang kami hadapi adalah masalah-masalah teknis seperti, koneksi jaringan dari klien ke server ABM yang cukup lambat dan sering terputus,” tutur Arif.

Selain itu Erika Putri Marganingtyas, S.Psi selaku ketua panitia berharap siswa-siswi kelas XII yang mengikuti ABM bisa terbantu dalam memilih jurusan yang sesuai di perguruan tinggi.

“Kami berharap para siswa dan siswi nantinya bisa terbantu dengan hasil ABM ini  dalam memilih jurusan yang sesuai saat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Hasil ABM akan memberikan panduan berharga bagi siswa dan guru dalam memberikan saran pendidikan yang tepat untuk setiap siswa sesuai dengan minat dan bakat mereka,” Ujar Erika Putri. (BAL)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *